10 Tempat Wisata di Semarang yang Tidak Boleh Dilewatkan

Semarang merupakan kota terbesar no.5 di Indonesia yang menjadi ibukota Provinsi Jawa Tengah. Salah satu penyebab Semarang menjadi kota besar yaitu banyak nya tempat wisata di Semarang yang murah namun berkualitas , menarik , sehingga Kota Semarang juga tidak kalah populer dengan kota di Indonesia yang kaya akan tempat wisata.
Untuk sobat yang penasaran , bahkan belum tau isi dari kota Semarang, langsung saja yuk simak artikel berikut tentang 10 Tempat Wisata di Semarang yang Tidak Boleh Di Lewatkan - yuk-touring.blogspot.co.id :

Explore semarang - tempat wisata di semarang

1. Lawang Sewu
Lawang Sewu adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang dulunya merupakan kantor perusahaan kereta api Belanda yang di bangun pada tahun 1904 M. Pada masanya gedung tersebut bernama Het hoofdkantor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (Kantor Pusat NIS). Sedangkan nama Lawang Sewu diambil dari sebutan masyarakat setempat yang melihat jumlah pintu (lawang) yang sangat banyak pada bangunan tersebut. 

lawang sewu - tempat wisata di Semarang

Yang membuat Lawang Sewu populer sehingga menjadi tempat wisata di Semarang yaitu arsitektur bangunannya yang klasik , khas Belanda , memiliki ruang bawah tanah yang dulunya merupakan penjara dan suasananya yang mistis (konon, banyak arwah Belanda yang menjadi penghuni Lawang Sewu).
Untuk sobat yang tertarik dengan Lawang Sewu bisa datang ke Jantung kota Semarang atau alamat jelasnya Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Semarang, Jawa Tengah 13220. Harga tiket masuk lawang sewu yaitu Rp10.000,-. Murah sekali bukan?

2. Klenteng Sam Po Kong
Tempat wisata di Semarang yang populer selanjutnya yaitu Sam Po Kong. Sebuah Klenteng peninggalan Cheng Ho , seorang laksamana Tiongkok beragama Islam.

sam po kong - tempat wisata di semarang

Dulunya Klenteng ini merupakan masjid yang didirikan oleh Laksamana Cheng Ho pada abad ke-14 M ketika memutuskan menepi saat berlayar melintasi laut Jawa karena banyak awak kapalnya yang sakit.
Sepeninggal Laksamana , tempat tersebut dijadikan tempat sembahyang dan berziarah penganut Kong Hu Cu karena memang pada saat dibangunnya masjid oleh laksamana , arsitektur bangunan awal merupakan arsitektur khas Cina, tidak ditemukan ciri-ciri bangunan islam sedikitpun. Hanya terdapat tulisan yang berbunyi "marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur'an". (source:Wiki)

patung cheng ho sam poo kong - tempat wisata di semarang

Walaupun di fungsikan sebagai tempat beribadah oleh masyarakat Kong Hu Cu , Sam Po Kong juga menjadi tempat wisata di Semarang yang ramai dikunjungi wisatawan dan masyarakat umum karena arsitektur bangunan nya yang unik , memberikan nuansa Chinese. Sehingga bagi siapa saja yang mengunjungi Sam Po Kong akan terasa seperti berada di  negara Cina.
Untuk sobat yang tertarik mengunjungi Sam Po Kong bisa datang ke Jl. Simongan Raya No.129, Semarang. Untuk tiket masuk di Sam Po Kong sangatlah murah , yaitu Rp3.000,- untuk pelajar , Umum : Rp.5.000,- , dan untuk Warga Negara Asing yaitu Rp15.000,-.

3. Vihara Buddhagaya Watugong
Tempat ibadah pemeluk agama Budha sekaligus menjadi salah satu tempat wisata di Semarang , ya.. dialah Vihara Buddhagaya Watugong atau Pagoda Buddhagaya Watugong.

Pagoda Buddhagaya Watugong - wisata di semarang

Pagoda Buddhagaya Watugong berdiri pada tahun 1957 dengan ketinggian 45 meter, juga merupakan Pagoda tertinggi di Indonesia.
Sebagai bangunan yang memiliki arsitektur yang berbeda dengan bangunan disekitar , atau jarang ditemukan bangunan demikian di Indonesia pastilah Pagoda Buddhagaya Watugong mempunyai daya tarik tersendiri sehingga dijadikanlah Pagoda Buddhagaya Watugong sebagai Tempat wisata di Semarang.
Apakah sobat tertarik? Ayoo main ke Semarang , alamat Pagoda Buddhagaya Watugong berada di Pudakpayung, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah.

4. Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo merupakan sebuah bangunan candi peninggalan Hindu yang tersebar di beberapa tempat dalam satu komplek dengan jumlah Sembilan (songo) Candi. Menurut sejarah , Candi Gedong Songo ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 M.
 
candi gedong 9 - tempat wisata di semarang
salah satu bagian dari 9 Candi di Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo dijadikan tempat wisata di Semarang karena merupakan Cagar Budaya Indonesia yang dilindungi , selain itu Candi Gedong Songo juga memiliki pemandangan yang indah dan udara yang dingin karena terletak di lereng gunung Ungaran dengan ketinggian 1200 meter Dpl.
Tidak hanya candi , disana sobat juga bisa menemukan pemandian air panas , area perkemahan dan wisata berkuda.
Untuk sobat yang penasaran dengan tempat wisata di Semarang yang satu ini bisa datang ke Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. 

Itulah beberapa tempat wisata di Semarang yang bernuansa sejarah.

Selanjutnya beralih ke wisata alam..

5. Umbul Sido Mukti
Setelah melihat beberapa tempat wisata sejarah diatas , saatnya beralih ke wisata alam yang menarik di Semarang. Yang pertama yaitu Umbul Sidomukti.

umbul sido mukti - tempat wisata di semarang

Umbul Sido Mukti merupakan tempat wisata di Semarang yang terletak di lereng gunung Ungaran di desa Sido Mukti kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Disana terdapat 4 kolam pemandian yang bisa sobat pilih sesuai kedalaman yang sobat inginkan.
Selain kolam pemandian, Umbul Sido Mukti juga menyediakan fasilitas seperti Outbond , Flying Fox , Camping Ground , Pondok Wisata , dan Meeting Room.
Dengan lokasi yang berada di pegunungan , bus berukuran besar hampir tidak bisa masuk ke lokasi Umbul Sido Mukti , jadi jika sobat ingin kesana lebih baik gunakan kendaraan yang mudah untuk masuk ke lokasi Umbul Sido Mukti.
Berikut Price List di Umbul Sido Mukti :
- Parkir mobil : Rp2.000,-
- Tiket masuk (hari biasa) : Rp4.000,-
- Tiket masuk (hari sabtu , ahad , dan hari libur nasional) : Rp5.000,-
- Marine Bridge : Rp7.000,-
- Rapeling : Rp6.000,-
- ATV (3 putaran) : Rp15.000,- sampai Rp20.000,-
- Flying Fox : Rp12.000,-
Gimana sobat ? Dengan harga terjangkau sobat bisa menikmati fasilitas wisata yang terdapat di Umbul Sido Mukti Semarang.

6. Pantai Marina
Wisata alam yang populer di Semarang selanjutnya yaitu Pantai Marina. Pantai yang terletak di Jalan Yos Sudarso , jika dari Tugu Muda jarak yang ditempuh kurang lebih sekitar 4 KM.

pantai marina - tempat wisata di semarang
 
Pantai Marina dibuka 24 jam , jadi jika sobat ingin ke Pantai Marina bisa datang kapan saja. Apalagi jika sobat ingin melihat sunset , kemudian bermalam di pantai sambil bakar-bakar ikan , atau hanya sekedar menikmati keindahan pantai untuk menenangkan hati.
Untuk tiket masuk Pantai Marina , sobat cukup membayar Rp3.000,- saja.

7. Goa Kreo
Goa Kreo merupakan Goa yang terbentuk secara alami , yang terletak di tengah waduk Jatibarang, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.
Menurut sejarah , Goa Kreo ini dulunya merupakan tempat Sunan Kalijaga mengambil kayu jati yang digunakan untuk membangun Masjid Agung Demak.

goa kreo - tempat wisata di semarang
 
Selain Goa , fasilitas lain yang bisa sobat temukan yaitu air terjun , gazebo , monyet ekor panjang , panggung hiburan , rumah makan khas Semarang , dan jembatan Waduk Jatibarang.
Waduk jatibarang merupakan waduk yang difungsikan untuk penampungan air sekaligus juga menjadi tempat wisata di Semarang sejak tahun 2014
Jika sobat ingin mengunjungi Goa Kreo , sobat tidak perlu membayar mahal untuk tiket masuknya. Harga tiket masuk Goa Kreo hanya Rp4.000,-.

8. Museum Ronggowaristo Semarang
Beralih ke tempat wisata edukasi di Semarang , yang pertama yaitu Museum Ronggowaristo. Museum terlengkap di Semarang yang memiliki koleksi sejarah , alam , arkeologi , dan kabudayaan serta era pembangunan nusantara.

Museum Ronggowarsito - tempat wisata di semarang
 
Sedikit review tentang Museum Ronggowarsito , disana terdapat 4 gedung dimana masing-masing gedung memiliki 2 lantai :
- Gedung A , untuk lantai 1 berisi koleksi Geologi & Geografi , sedangkan lantai 2 berisi koleksi zaman purba (Paleontologi).
- Gedung B , di lantai 1 terdapat koleksi peninggalan budaya Hindu Budha. Sedangkan lantai 2 berisi koleksi keramik dan batik.
- Gedung C , untuk lantai 1 berisi koleksi senjata pada zaman perang dan beberapa koleksi diorama. Dari Diorama perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan , Diorama Pertempuran Lima Hari Semarang, Peristiwa Palagan Ambarawa, Pemberontakan PKI di Cepu, Serangan Umum 1 maret dan Gerakan Tritura.
Sedangkan Lantai 2 berisi koleksi teknologi dan kerajinan tradisional, teknologi industri dan transportasi, dan beragam model kerajian rumahan.
- Gedung D , untuk lantai 1 berisi koleksi tentang pembangunan, numismatik, heraldik, tradisi nusantara, ruang intisari dan hibah. Lantai 2 gedung D berisi koleksi tentang ruang kesenian yang menampilkan koleksi benda dan peralatan kesenian yang dipisahkan menjadi seni pergelaran (berbagai pengetahuan tentang wayang) , seni pertunjukan (berbagai kesenian khas Jawa seperti kuda lumping, barongan), dan seni musik.
Untuk alamat Museum Ronggowarsito terletak di Jl.Abdulrahman Saleh No 1 Kalibanteng Kulon Semarang Jawa Tengah. Harga tiket masuk Museum Ronggowarsito yaitu Rp 4.000,- untuk dewasa dan Rp 2.000,- untuk anak-anak. Museum Ronggowarsito buka setiap hari , mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore.


9. Kebun Binatang Mangkang
Wisata edukasi selanjutnya yaitu Kebun Binatang Mangkang, yaitu tempat wisata di Semarang yang merupakan pengganti kebun binatang Tinjomoyo Semarang , karena dianggap sudah tidak respresentatif lagi. 

mangkang - tempat wisata di semarang

Di kebun binatang Mangkang sobat bisa menemukan 150 koleksi hewan yang terdiri dari 40 spesies yang berbeda. Selain koleksi hewan , di Kebun Binatang Mangkang juga terdapat waterboom , jaring laba-laba , dan juga flying fox sebagai arena bermain anak-anak.
Kebun Binatang Mangkang buka setiap hari dengan harga tiket masuk yaitu Rp7.500,- (berlaku juga pada hari libur). Untuk alamatnya , kebun binatang Mangkang berada di Jl. Walisongo KM 16, seberang Terminal Mangkang.

10. Wonderia
Wonderia merupakan tempat wisata di Semarang yang berupa kumpulan wahana permainan menyenangkan terutama untuk anak-anak. Untuk wahana permainan yang bisa sobat temukan di Wonderia yaitu Bom-Bom Car , Kiddy Boat , Super Rally , Ghost House , Roller Coaster , Waterboom , dan masih banyak lagi wahana permainan menarik yang terdapat di Wonderia.

wonderia - tempat wisata di semarang

Bagi sobat yang mempunyai anak atau saudara yang masih kecil tidak ada salahnya menjadikan Wonderia sebagai tempat tujuan sobat ketika berwisata di Semarang.
Untuk harga tiket masuk Wonderia yaitu hanya Rp5.000,- per orang , harga yang sangat murah untuk wisata wahana yang cukup besar.
Jika sobat ingin mengunjungi Wonderia Semarang bisa datang antara jam 9 pagi sampai jam 10 malam untuk hari biasa. Jika hari libur , tempat wisata di Semarang ini buka sampai jam 11 malam.
Untuk alamatnya , Wonderia Semarang berada di Jl. Sriwijaya No. 29, Jawa Tengah.

Itulah 10 Tempat Wisata di Semarang yang menarik , populer , tentunya jika sobat sedang berada di Semarang jangan sampai melewatkan tempat-tempat wisata di atas.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Semarang yang belum disebutkan , namun kami hanya menuliskan 10 yang paling populer. Jika dari sobat ingin tahu lebih banyak bisa request dengan menuliskan tempat yang ingin sobat ketahui di box komentar. 

Untuk sobat yang belum pernah menjelajahi Semarang , inilah saatnya untuk sobat menentukan jadwal berwisata ke Semarang. Tidak perlu biaya mahal untuk menikmati tempat - tempat wisata di Semarang , karena banyak sekali tempat-tempat menarik di Semarang yang dibandrol dengan harga tiket dibawah 50 ribu , bahkan ada juga yang tidak perlu membayar.

Selain tempat wisata di Semarang , ada juga tempat di Indonesia yang menarik , salah satunya di Bandung. Sobat ingin tau? Baca yuk 'Tempat Wisata yang ada di Bandung' dari kami.  

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "10 Tempat Wisata di Semarang yang Tidak Boleh Dilewatkan"

  1. Iiih pengen kesana lagii, kangen! Belum pernah coba ke klenteng sam po kong, btw informasinya makasi banyak yah!

    ReplyDelete