Umbul Ponggok Klaten - Explore Keindahan Dunia Bawah Air

Umbul Ponggok merupakan tempat wisata bawah air berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Berupa kolam yang luas yang menyerupai laut buatan. Namun air di kolam Umbul Ponggok Klaten bukan diisi manual , melainkan keluar secara alami dari perut bumi. Kalau dalam istilah jawa yaitu "nyumber".

Banyaknya jumlah volume air yang keluar dari sumber mata air di kolam Umbul Ponggok Klaten menjadi salah satu penyebab di bangunnya tempat wisata air yang mengagumkan ini.

Umbul Ponggok Klaten

Tidak hanya digunakan untuk berenang atau sekedar mandi di kolam sebagaimana tempat wisata pemandian / umbul pada umumnya , Umbul Ponggok Klaten ini di kembangkan menjadi wisata bawah air. Dimana pengunjung bisa melakukan banyak hal di bawah air di Umbul Ponggok Klaten ini.

Lokasi bawah air yang didesan seperti seolah-olah berada di dalam laut menjadi salah satu keunikan Umbul Ponggok Klaten. Mulai dari ikan yang ditempatkan dikolam dengan jumlah yang sangat banyak , kemudian pasir putih , batu karang , dan beberapa properti unik yang menjadikan tempat di bawah air ini seperti didapati kehidupan. Tetapi properti disini hanya digunakan untuk pemotretan saja jadi tidak diletakkan permanen di bawah air.

properti umbul ponggok klaten

nyelam - umbul ponggok klaten

wisata bawah air umbul ponggok klaten

Banyak hal yang bisa dilakukan di Umbul Ponggok Klaten. Mulai dari berenang , diving , snorkeling , dan untuk sobat yang hobi hunting foto Umbul Ponggok Klaten menyediakan banyak konsep yang dilengkapi set properti yang bermacam-macam untuk sobat pilih ketika hunting foto.

Jika sobat hanya ingin berenang sobat cukup membayar tiket masuknya saja yaitu Rp5.000,- , cukup terjangkau untuk tempat wisata yang mengagumkan. 
Jika sobat ingin mencoba snorkling sobat akan dikenakan biaya tambahan untuk sewa peralatan snorkeling. Untuk peralatan yang disewakan yaitu :
  • Snorkel set ( kaca mata dan pipa untuk bernafas) : Rp12.000,-
  • Kaki Katak : Rp7.000,-
  • Jaket Pelampung : Rp8.000,-
  • Ban : Rp5.000,-
Namun jika sobat membawa peralatan snorkeling sendiri dari rumah sobat tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk biaya sewa alat. Tapi biasanya yang mempunyai perlengkapan snorkeling hanya sebagian orang yang memang hobi snorkeling.

Selanjutnya jika sobat ingin berfoto di Umbul Ponggok Klaten sobat bisa memilih properti yang nantinya akan digunakan untuk berfoto. Mulai dari sepeda , motor , televisi , playstation , laptop , tenda , dan masih banyak lagi properti yang bisa sobat pilih untuk mengatur konsep dalam berfoto. Tapi untuk properti yang nantinya digunakan saat berfoto sobat harus menyewa , tentunya akan dikenakan biaya tambahan. Tetapi tenang saja , harga sewa di Umbul Ponggok Klaten ini sesuai dengan hasil yang sobat dapatkan.
 
Jika sobat mempunyai kamera underwater sendiri sobat tidak perlu menyewa kamera underwater di Umbul Ponggok , namun jika sobat tidak mempunyai kamera underwater sobat bisa menyewa kamera yang disediakan di Umbul Ponggok Klaten.
Untuk biaya sewa kamera underwater yaitu :
  • 30 menit : Rp60.000,-
  • 1 jam : Rp100.000,-
Untuk sobat yang ingin hunting foto ada beberapa tips dari kami agar hasil foto lebih maksimal..
  • Jangan berfoto pada saat siang karena matahari tepat di atas kepala , tentunya akan menjadikan backlight dimana hasil foto akan terlihat gelap.
  • Jam yang pass untuk berfoto agar mendapatkan hasil maksimal yaitu Senin-Jumat: Pagi 07.00-09.00 dan Sore 14.00-16.00 sedangkan untuk hari Sabtu & Ahad jam 7 pagi sampai jam 9 pagi saja.
Untuk sobat yang ingin berfoto di Umbul Ponggok Klaten nanti akan diarahkan oleh guidenya disana. Dengan tujuan supaya hasil foto lebih maksimal , jadi tidak hanya sekdar foto dengan konsep dan pose asal-asalan.

Di Umbul Ponggok Klaten juga menyediakan paket foto biasanya digunakan untuk grup atau Pre Wedd. Info selengkapnya bisa sobat lihat DISINI.

Untuk Jam buka , Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Umbul Ponggok Klaten - Explore Keindahan Dunia Bawah Air"

  1. Bagus infonya :)
    Umbul Ponggok tempatnya memang bagus banget.
    Ijin berbagi ini info lengkapnya Asyiknya Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. mantap lurr recommended buat photo prewedding
    Rental Mobil Jogja

    ReplyDelete