5 Tempat Wisata di Jogja yang anti Mainstream

Berbicara tentang tempat wisata di Jogja , pasti yang terlintas di fikiran orang pada umumnya yaitu Candi Prambanan , Keraton Jogja , Malioboro , Pantai Parangtritis , dan tempat-tempat wisata di Jogja yang biasa dikunjungi. Tidak ada yang salah dengan tempat-tempat tersebut , tapi taukah sobat kalau Jogja memiliki banyak tempat wisata yang menarik namun masih jarang diketahui para wisatawan.

Sebagai Kota Pariwisata, tempat-tempat wisata di Jogja memang berpusat di titk-titik yang selalu ramai pengunjung. Tapi bagi mereka para petualang dan pengelana sejati, disuguhi sesuatu yang sudah mainstream cenderung akan membosankan. Lagipula, banyak sekali tempat-tempat menarik di Jogja yang masih tersembunyi, tidak populer, namun menawarkan pesona yang tak kalah menarik dibanding tempat-tempat wisata yang sudah populer.

Apakah sobat penasaran? Oke langsung saja yuk simak artikel berikut tentang 5 Tempat Wisata di Jogja yang anti Mainstream - yuk-touring.blogspot.co.id

Note : Pada artikel ini kami sengaja tidak menuliskan tempat-tempat wisata di Jogja yang biasa di kunjungi.


tempat wisata di jogja

1.  Hutan Kalibiru
Yang pertama yaitu Hutan Kalibiru , hutan yang terletak di Pegunungan Menoreh Desa Hargowilis Kabupaten Kulonprogo , Yogyakarta.

kalibiru - tempat wisata di jogja

Apa yang membuat Kalibiru menarik?
Letak nya yang berada diatas Waduk Sermo , dan dibawahnya juga terdapat hutan-hutan yang mengelilingi waduk tersebut sehingga membuat Kalibiru memiliki pemandangan yang indah dari atas.
Dari atas sobat bisa menikmati pemandangan hamparan pepohonan dan waduk yang ditutup oleh gunung disekitar waduk dengan background langit yang indah. Dari Kalibiru sobat juga bisa melihat sunset dengan jelas karena memang ketika sobat sedang berada di kalibiru sobat bisa bebas lepas memandang sejauh-jauhnya.

hutan kalibiru - tempat wisata di jogja

Papan kayu diatas pohon itulah tempat yang biasanya disenangi oleh para pengunjung , karena dari papan kayu tersebut kita disuguhi pemandangan yang mempesona , akan terasa sekali suasana alam bebas , seolah-olah kita berada diatas lembah yang sangat luas.
Selain papan kayu , ada beberapa hal menarik yang bisa sobat temukan di tempat wisata Jogja anti mainstream ini. Seperti Flying Fox , Jembatan Layang , Tracking , dan beberapa fasilitas outbond pada umumnya.

[Update] info selengkapnya tentang Hutan Kalibiru bisa sobat lihat DISINI.

Tempat wisata di Jogja anti mainstream selanjutnya yaitu Pantai Timang. Hal yang menarik di Pantai Timang bukanlah pasir putih dan area bermain seperti banana boat , perahu , dan pantai untuk berenang. Namun ombaknya yang besar , karang yang tajam, serta tebing yang curam lah yang menjadikan tempat ini menarik.

gondola pantai timang - tempat wisata di jogja

Dengan menaiki Gondola Tradisional , pengunjung akan melewati medan berat tersebut untuk sampai di pulau kecil disebrang. Bagi mereka yang senang berpetualang memacu adrenaline , melihat medan yang sangat beresiko seperti yang ada di Pantai Timang merupakan hal yang sangat menarik.
FYI : Awalnya Gondola tradisional tersebut merupakan media yang digunakan oleh para nelayan dalam mencari lobster, namun beberapa tahun terakhir banyak wisatawan yang ingin mencoba merasakan sensasi gondola tersebut. Sehingga sampai saat ini Gondola Pantai Timang menjadi salah satu tempat wisata menarik di Jogja.

[Update] info selengkapnya tentang Gondola Pantai Timang bisa sobat lihat DISINI.

Candi Sambisari merupakan Candi peninggalan Hindu yang ditemukan oleh seorang petani warga desa Sambisari pada tahun 1966 , yang kemudian dipugar pada tahun 1986 oleh Dinas Purbakala.

candi sambisari - tempat wisata di jogja

Bagi sobat pecinta sejarah , mengunjungi Candi Sambisari bisa menjadi pilihan sobat saat memilih tempat wisata di Jogja. Keunikan candi yang memiliki posisi lebih rendah dari lahan sekitar menjadikan Candi Sambisari memiliki view yang unik.
Selain viewnya yang unik , Candi Sambisari saat ini juga ditata dengan rapi sehingga pemandangan di Candi Sambisari lebih indah.

[Update] info selengkapnya tentang Candi Sambisari bisa sobat lihat DISINI.

Goa Pindul adalah goa yang terbentuk dari proses batuan karst dalam waktu jutaan tahun hingga membentuk Goa yang indah , ditambah lagi sungai yang berada di dalam goa yang menjadi satu-satunya akses goa tersebut sehingga membuat Goa Pindul sangatlah eksotis.

goa Pindul - tempat wisata di jogja

Goa Pindul memiliki panjang sekitar 350 m, lebar hingga 5 m, jarak permukaan air dengan atap gua 4 m, dan kedalaman air sekitar 5-12 m.
Ditengah Goa, terdapat sebuah ruangan yang besar, dengan lubang diatasnya yang mejadi jalan masuk sinar matahari sehingga membuat suasana semakin indah.
Untuk menikmati pesona keindahan Goa Pindul , pengunjung disediakan ban untuk mengarungi sungai yang berada di Goa Pindul.

[Update] info selengkapnya tentang Goa Pindul bisa sobat lihat DISINI.

Jika sobat pernah mendengar Grand Canyon Arizona di Amerika Serikat , ketahuilah.. di Indonesia juga terdapat sungai yang diapit oleh tebing yang tinggi sebagaimana Grand Canyon Arizona.
Yup , tempat wisata di Jogja yang bernama Air Terjun Sri Gethuk lah yang seringkali disamakan dengan Grand Canyon Arizona.

air terjun sri gethuk - tempat wisata di jogja

Air Terjun Sri Gethuk terdapat di Gunung Kidul Yogyakarta , mengalir dari atas bukit yang kemudian bermuara ke Sungai Oya. Nah pada sungai Oya inilah sobat bisa menemukan tebing-tebing yang tinggi, mirip dengan Grand Canyon Arizona.
[Update] info selengkapnya tentang Air Terjun Sri Gethuk bisa sobat lihat DISINI.

Itulah beberapa tempat wisata di Jogja yang jarang diketahui oleh wisatawan pada umumnya.

Gimana sobat? Menarik bukan?
Jika sobat belum pernah mengunjungi tempat-tempat tersebut , inilah saatnya bagi sobat untuk menyiapkan jadwal berwisata ke Jogja untuk mengunjungi tempat wisata Jogja diatas.
Untuk sobat yang ingin tau tempat-tempat wisata di Indonesia selain Jogja bisa KESINI.
Oiya kami sengaja tidak menuliskan alamat dari tempat-tempat diatas karena kami ingin membuat review detailnya. Jadi tunggu artikel kami selanjutnya yaa ^^

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "5 Tempat Wisata di Jogja yang anti Mainstream"